wellcome

WELLCOME TO MY BLOG

Rabu, 07 Januari 2015

SATUAN ACARA PENYULUHAN

1. Pokok Bahasan : Remaja dan Pergaulan Bebas 2. Sasaran : ± 70 Remaja SMP Muhammadiyah Sempor Kelas VII, VIII, IX 3. Waktu : 60 Menit 4. Tanggal : 17 Mei 2013 5. Tempat : SMP Muhammadiyah Sempor

I. Tujuan Instruksional Umum : Setelah dilakukan penyuluhan selama 1 x 60 menit, di harapkan Peserta didik dapat mengetahui tentang remaja dan pergaulan bebas. II. Tujuan Instruksional Khusus : Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 x 60 menit diharapkan peserta didik mampu: 1. Menyebutkan kembali dan memahami tentang pengertian remaja 2. Menyebutkan kembali dan memahami tentang faktor yang mempengaruhi pergaulan pada remaja 3. Menyebutkan kembali dan memahami tentang dampak yang terjadi apabila remaja melakukan seks bebas. III. Pokok Materi 1. Pengertian Remaja 2. Proses tumbuh kembang remaja 3. Tanda-tanda pubertas 4. Pengertian pergaulan bebas 5. Penyebab terjadinya pergaulan bebas 6. Dampak dari pergaulan bebas 7. Solusi untuk menyelesaikan masalah pergaulan bebas IV. Kegiatan Belajar Mengajar a) Metode : Ceramah dan tanya jawab b) Strategi Pelaksanaan : Jam / waktu Tahap Respon Remaja Penanggung Jawab 15 menit Orientasi 1. Memberi Salam 2. Mengingatkan Kontrak 3. Menjelaskan maksud dan tujuan 4. Menanyakan kesediaan 5. Apersepsi 1. Menjawab salam 2. Peserta didik ingat dengan kontrak waktu 3. Kooperatif, 4. Peserta didik siap 5. Peserta didik belum mengetahui tentang remaja dan pergaulan bebas Putri Puspitasari dan Arum Nur Jannah 25 menit Kerja 1. Menjelaskan tentang pengertian Remaja 2. Menjelaskan mengenai proses tumbuh kembang remaja 3. Menyebutkan dan menjelaskan tanda-tanda pubertas 4. Menjelaskan pengertian pergaulan bebas 5. Menyebutkan serta menjelaskan penyebab terjadinya pergaulan bebas 6. Menjelaskan dampak dari pergaulan bebas 7. Memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah pergaulan bebas Peserta didik memperhatikan dan menyimak. Nur Hikmah R dan Reni Apriliati 20 menit Terminasi 1. Memberikan Video motivasi untuk remaja 2. Memberikan kesempatan kepada audiens untuk bertanya. 3. Melakukan Evaluasi materi Pembelajaran 4. Memberikan Reward, ada tiga bingkisan berupa alat tulis. 5. Memberikan Kontrak Perilaku. 6. Memberikan salam penutup 1. Menyimak 2. Peserta bertanya 3. Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyuluh 4. Menjawab salam Putri Puspitasari dan Arum Nur Jannah V. Media dan sumber — Media : Power Point dan Penjelasan tentang materi VI. Rencana Evaluasi a. Evaluasi Persiapan 1. Materi sudah siap dan dipelajari 1 minggu sebelum penyuluhan 2. Media sudah siap 1 minggu sebelum penyuluhan 3. SAP sudah siap 1 minggu sebelum penyuluhan b. Evaluasi proses 1. Apakah 100 % peserta didik datang tepat waktu? 2. Apakah peserta didik memperhatikan penjelasan penyuluh? 3. Apakah peserta didik aktif bertanya atau memberikan pendapat? 4. Apakah media dapat digunakan secara efektif? 5. Apakah penyaji dapat menguasai materi? 6. Apakah penyaji kooperatif dan aktif bertanya pada peserta? c. Evaluasi Hasil Menggunakan post test diharapkan: 1. Audiens mampu menyebutkan pengertian remaja 2. Audien mampu menyebutkan kembali penyebab dari pergaulan bebas 3. Audien mampu menyebutkan kembali dampak dari pergaulan bebas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar