RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 3 SAMPANG
Kelas/Semester : IV / 1
Kelas :
Qur’an Hadist
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 6 x 35 menit )
Tanggal :
...................................................

A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr
2.1 Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. an-Nasr
3.1 Memahami arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr
4.1 Menulis lafal Q.S. an-Nasr dengan benar
Indikator
1.1.2 Menerjemaahkan Q.S. an-Nasr
3.1.2 Menjelaskan isi kandungan Q.S. an-Nasr
4.1 2 Menulis lafal Q.S. an-Nasr
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa di ajak untuk mengamati bacaan Q.S. an-Nasr setelah itu diajak
untuk membaca bersama beserta artinya
2. Melalui demonstrasi siswa di harapkan untuk dapat melafalkan Q.S. an-Nasr
dengan benar
3. Siswa dapat membedakan panjang pendek bacaan Q.S. an-Nasr
4. Siswa dapat mengamalkan Q.S. an-nasr dalam kehidupan sehari-hari
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berada pada buku siswa
mata pelajaran Qur’an Hadist kelas IV MI Kurikulum 2013 pembelajaran ke 1 Mari
Belajar Surah An-Nasr:
E.
METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode :
1.
Penugasan
2.
Diskusi
3.
Demostrasi
Pendekatan :
-
Pendekatan
scientific.
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media :
ü Proyektor
Alat :
ü
Sumber belajar
:
ü Buku Tematik Kurikulum 2013
Kelas IV
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
· Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
· Mengajak semua siswa ceria dan
gembira.
· Menginformasikan tema yang akan
diajarkan yaitu tentang “Mari Belajar Surah An-Nasr”.
· Mengaitkan dengan pelajaran yang
lalu.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
· Guru menyiapkan alat .
· Siswa mengamati bacaan surah an-Nasr lalu dibacakan oleh
guru
· Siswa mengikuti membaca setelah guru selesai
membaca.
· Siswa mendemonstrasikan dengan cara
menunjuk
salah satu siswa untuk membaca sendiri.
· Siswa di beri tugas untuk menulis kembali surah
an-Nasr.
· Siswa diajak untuk menterjemaahkan arti surah
an-Nasr dengan bimbingan guru.
· Siswa berdiskusi mengamati isi kandungan surah an-Nasr.
· Guru membantu siswa untuk
menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.
· Guru bersama siswa membuat
kesimpulan tentang isi kandungan surah an-Nasr.
· Guru dan siswa menyimpulkan hikmah dari belajar yang telah kita
lakukan.
· Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa
ditempel di papan pajangan dilanjutkan pemberian pujian dari guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
· Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
· Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari.
· Melakukan penilaian hasil belajar.
· Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur
penilaian
a.
Penilaian
proses
Menggunakan
lembar pengamatan unjuk kerja (terlampir)
b.
Penilaian
hasil belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan lisan dan tertulis.
2.
Instrumen
proses
a.
Penilaian
unjuk kerja
1)
Kinerja
dalam menyelesaikan tugas kelompok
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Jml
|
Nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Mengahargai
pendapat teman
|
Tanggung
jawab
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor
:
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangat baik
Nilai = skor
perolehan x 100

2)
Penilaian
kinerja dalam menyelesaikan tugas presentasi
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Jml
|
Nilai
|
|||
Komunikasi
|
Sistematika
penyampaian
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor
:
ü Komunikasi
1 = tidak dapat
berkomunikasi
2 = komunikasi
agak lancar, tetapi sulit dimengerti
3 = komunikasi
lancar, tetapi kurang jelas
4 = komunikasi
sangat lancar, benar dan jelas
ü Sistematika penyampaian
1 = tidak
sistematis
2 = sistematis,
uraian kurang jelas
3 = sistematis,
uraian cukup jelas
4 = sistematis,
jelas
b.
Penilaian
hasil belajar
Tes tertulis
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kedungwinangun, .......................................
Mengetahui,
Kepala
SDN 1 Kedungwinangun
SARIPAH,S.Pd
NIP. 19680925 199707 2 001
|
Guru
Kelas IV
ALFIYATI
NIP. 19640707 200701 2 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar