RENCANAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )
Satuan Pendidikan : MI Yeni nurcahyanti
Kelas / Semester :
1 / 1
Tema / Sub Tema/ : keluargaku/ Kegiatan Keluargaku
Pembelajaran : cerita dan
diskusi kebiasaan makan bersama keluarga, mengenal tata tertib saat makan
bersama, dan berhitung penjumlahan dan pengurngan
Alokasi waktu : 1 hari (5jpl)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
MATEMATIKA
KD
4.1 mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya
Indikator
·
menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan
20
·
siswa dapat membedakan antara penjumlahan dan pengurangan
Bahasa Indonesia
KD
3.4 mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
Indikator
·
menulis cerita tentang kegiatan makan pagi bersama keluarga
·
dapat menceritakan kembali dengan bahasa sederhana
PPKn
KD
3.2 mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator
·
menyebutkan contoh peraturan sederhana tentang aturan di rumah
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati contoh dan penjelasan guru
tentang membaca, siswa dapat membaca wacana dengan lancer
2. setelah mendengarkan cerita tentang kegiatan, siswa dapat menceritakan kegiatan
makan pagi bersama keluarga menggunakan bahasa sendiri dengan santun
3. setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa
dapat menyebutkan minimal tiga peraturan di rumah dengan baik
4. setelah mengamati contoh penyelesaian soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan
20
5. setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa
di harapakan mampu membedakan antara penjumlahan dan pengurangan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berada pada buku siswa
tema keluargaku, sub tema Kegiatan Keluargaku Baru, kegiatan pembelajaran ke 1
kegitan ke-1 tentang kebiasaan makan
bersama keluarga,kegiatan-2 mengenal
berhitung, penjumlahan dan pengurngan
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Tematik Integratif dan Scientific
Metode :
Penugasan dan demonstrasi
E. MEDIA, ALAT dan
SUMBER PEMBELAJARAN
Media : LCD, gambar kegiatan makan dan gambar
buah-buahan
Sumber Belajar : buku pegangan siswa
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua peserta
didik berdo’a (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Mengabsen kehadiran peserta
didik
3.
Menanyakan kabar/keadaan siswa
4.
Guru memotivasi siswa
5.
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu Keluargaku, sub tema kegiatan keluargaku, kegiatan
pembelajaran makan pagi bersama
keluargaku
|
15 menit
|
Inti
|
Kegitan 1 :
1.
Siswa diminta untuk memperhatikan sebuah gambar
keluarga yang sedang makan bersama. (mengamati)
2.
Siswa di ajak untuk membaca bersama tentang
bacaan yang ada di gambar.(mengamati)
3.
Siswa memperhatikan aturan-aturan satu atau dua
kegiatan pada saat makan bersama.(menalar)
4.
Siswa menyusun hal-hal tersebut menjadi sebuah
peraturan.(mencoba)
5.
Siswa menuliskan sebuah peraturan dikertas yang
sudah disediakan.(mencoba)
6.
Ingatkan siswa mengenai pentingnya mentaati
peraturan(menalar dan
mengkomunikasikan)
7.
Guru memberikan sebuah gambar buah-buahan yang
dapat dijumlahan dan dapat dikurangi.(mengamati)
8.
Guru mengenalkan konsep penjumlahan dan
pengurangan.(memahami dan mengamati)
9.
Satu siswa diminta untuk menjumlahkan ada berapa
gambar buah tersebut.(olah
informasi/mencoba)
10.
siswa diberi tugas dan diamati oleh guru.(mengamati dan mencoba)
11.
Guru mengulang kegiatan sampai siswa dapat
memahami tentang penjumlahan dan pengurangan.(mencoba dan mengkomunikasikan)
|
145 menit
|
Penutup
|
1. Guru melakukan refleksi
kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya, bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
2. Guru hasil belajar( siswa berlatih menjumlahkan
dan pengurangan)
3. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
4. Guru melakukan penilaian dari awal sampai akhir
|
15
menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian Kegiatan 1: Observasi
Lembar Pengamatan Ketaatan Dalam Peraturan Permainan
No
|
Nama
|
kriteria
|
|||||||
Siswa mampu mengikuti instruksi guru
|
Siswa terlibat aktif dalam permainan
|
Mengikuti peraturan dalam permainan
|
Mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan
|
||||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T :
Terlihat
TB :
Belum Terlihat
Penilaian Kegiatan 2: Unjuk Kerja
Rubrik Kegiatan Memperkenalkan Teman
No
|
Nama
|
kriteria
|
|||||||||||||||
Kelancaran dalam
bercerita
|
Kepercayaan diri dalam
bercerita
|
Dapat menjumlahkan dengan tepat
|
Berani untuk maju kedepan untuk berhitung
|
||||||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BS : Baik Sekali
B : Baik
C : Cukup
PB : Perlu Bimbingan
Kebumen,
29 September 2014
Mengetahui,
Guru
Kelas I,
Kepala
Madrasah
H.Makruf Widodo,
S.Ag.,M.Pd.I Yeni
Nurcahyanti
NIP.
19720617 200501 1 002





Tidak ada komentar:
Posting Komentar