RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI PLUS MA’ARIF
Kelas/Semester :
IV/1
Materi Pokok/Tema : Pahlawanku
Subtema : Perjuangan Para Pahlawan
Alokasi Waktu :
1 pertemuan (130 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
PPkn
Kompetensi
Dasar:
1.1 Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahanya
2.1 Menunjukan perilaku jujur, disiplin bertanggung
jawab, pedul, santun dan percaya diri sebagiamana ditunjukan oleh tokoh-tokoh
pada masa Hindu Budha dan Islam dalam kehidupanya sekarang.
3.4 Menahami
arti bersatu dalam keberagama dirumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
dilingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
Indicator:
3.4.1 Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong
royong sebagai wujud dari rasa persatuan didalam kehidupan dimasyarakat
4.3.1 Memberikan contoh sikap yang menunjukan rasa
persatuan
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar:
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan
Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar
untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap
peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu Budha di Indoesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih kosa kata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang
nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan meilih dan memilah kosa
kata baku
Indicator:
3.5.1 Menemukan informasi yang terkait dengan
kehidupan pada masa kerajaan Hindu
4.5.1 Membuat ulasan sederhana terkait dengan kehidupan
pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan menggunakan kosa kata baku
IPS
Kompetensi
Dasar:
1.1
Menerima karunia Tuhan Yang
Maha Esa yang telah memberikan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukan perilaku jujur, disiplin
bertanggung jawab, peduli santun dan percaya diri sebagaiman ditunjukan oleh
tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah,
social, ekonomi, dan pendidikan
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan
manusia, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu pada waktu praaksara, Hindu
Budha, Islam dalam aspek pemerintah, social ekonomi, dan pendidikan
Indicator:
3.2.1 menjelaskan sikap kepahlawanan
raja-raja pada masa Hindu, Budha, Islam melalui masa kini
4.2.1
Menjelaskan sikap kephlawanan
berdasarkan pertanyaan
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca teks, siswa
mampu menemukan paling tidak 3 informasi tentang perjuangan Raja Purnawarman
dengan benar.
2.
Setelah menganalisa bacaanan
melakukan diskusi tentang Raja Purnawarman, siswa mampu memberikan pendapatnya
tentang sikap Raja tersebut dengan rinci.
3.
Setelah mengelompokan gambar
tentang sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu menjelaskan
pentingnya rasa persatuan didalam kehidupan
bermasyarakat dengan benar.
4.
Setelah menganalisis contoh
tentang sikap persatuan dan mendiskusikanya, siswa mampu memberikan 3 contoh
sikap yang menunjukan rasa persatuan dengan benar.
5.
Setelah membaca dan
mendiskusikan bacaan, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan tentang
pelaksanan kegiatan gotong royong di
lingkungan sekitar dengan tepat.
6.
Setelah mengamati gambar dan
diskusi, siswa mampu menceritakan dalam benttuk tulisan pengalaman pribadi
tentang kegiatan gotong royong dilingkungan sekitarnya dengan tepat
D. Materi
Pembelajaran
Ø
Mengenal arti pahlawan
Ø
Mengulas bacaan tentang Raja Purnawarman
Ø
Membedakan contoh dan bukan contoh persatuan dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Menceritakan pengalaman bergotong royong
Ø
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
saintifik
2. Metode :
simulasi, diskusi, Tanya jawab, penugasan
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A.
Media: Gambar beberapa orang sedang bekerja sama
melakukan beragam kegiatan, Teks
tentang kepahlawanan
B.
Sumber Belajar: pahlawanku: Buku Guru/ Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: 2013
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru memulai pembelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memeriksa kehadiran,
kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru menyapa peserta didik.
d.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
e.
Guru dapat memanfaatkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa illustrasi gambar atau tayangan
visual (film) yang relevan.
f.
Guru menggunakan diskusi dalam
bentuk the educational diagnosis
meeting, artinya peserta didik
berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
·
Peserta didik secara individual ataupun kelompok
diminta untuk mengamati dan memperhatikan gambar dengan cermat.
·
Peserta didik lainnya baik secara individual ataupun kelompok ikut melihat dan menyimak gambar yang dilakukan oleh peserta didik yang ditunjuk.
b. Menanya
·
Peserta
didik mengemukakan isi gambar yang diamatinya.
·
Guru
memberikan pertanyaan untuk kemudian ditanggapi oleh peserta didiik. “Menurut
kamu gambar itu menceritakan apa?”
· Setelah peserta didik
menyampaikan pendapatnya, guru menguatkan dengan memberikan penjelasan dan
penguatan jawaban yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·
Setelah
itu, guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik secara kelompok terkait materi yang ada pada
buku teks.
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
Siswa menuliskan
alasan mereka sikap yang tercermin dalam perilaku pada gambar tersebut.
d. Asosiasi/menalar
·
Secara
berpasangan maupun kelompok, peserta didik menyebutkan pengertian gotong
royong dan arti pahlawan
·
Selanjutnya,
guru melakukan penguatan mengenai penjelasan tersebut
e. Komunikasi
·
Peserta
didik menyampaikan hasil diskusi tentang pengertian arti pahlawan dan gotong
royong secara kelompok maupun berpasangan.
·
Hasil
diskusi disampaikan oleh perwakilan kelompok secara bergiliran.
·
Peserta
didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
120 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum memahami
pengertian tentang gotong royong.
c. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
penilaian
·
Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa
·
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
perenungan tersebut
·
Peniaian sikap (cinta tanah air dan bekerja sama)
2.
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat
menujukan sikap periaku jujur, disiplin bertanggungjawab, peduli , santun dan
percaya diri
|
Terlampir
|
|
Dapat
mengolah dan menyajikan nilai peninggalan prasejarah
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Antar Teman
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
|
Bersih badan
|
Terlampir
|
|
Tanggung jawab
|
Terlampir
|
|
Santun
|
Terlampir
|
|
Percaya diri
|
Terlampir
|
d. Instrumen: Terlampir
4.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Isian singkat
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
2.
|
Menjelaskan pentingnyankegiatan bergotong royong sebagai wujud dari rasa
persatuan di dalam bermasyarakat
Menjelaskan sikap kepahlawanan berdasarkan pertanyaan
|
Terlampir
Terlampir
|
d. Instrumen: Terlampir
Ø Pengayaan
Siswa menceritakan
kepada temannya tentang pelaksanan kegiatan gotong royong yang ada disekitar
Ø Remedial
Bagi siswa yang belum dapat
memahami tentang gotong royong dan makna persatuan dapat diajak berdiskusi
lebih lanjut setelah pulang sekolah selama 30 menit. Untuk diberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengarah kepemahaman siswa.
Mengetahui Kebumen Kepala SD….. Guru Mata Pelajaran
... ...
NIP ... NIP ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar